Etika kampus dan media digital

Mahasiswa adalah orang-orang berpendidikan yang akan menjadi generasi selanjutnya yang akan meneruskan perjuangan bangsa Indonesia.orang orang inilah yang nantinya akan membangun Negara Indonesia,maka peran mahasiswa sangat penting bagi bangsa.oleh sebab itu kita sebagai mahasiswa di tuntut memiliki moral dan etika yang baik apalagi saat ini adalah jaman modern yang di mana mana sudah menggunakan teknologi. Kita bisa dengan mudah menghubungi orang lain,bertukar kabar,atau hanya sekedar meng upload foto foto kita di jaringan media social.

Media social saat ini memang menjadi perbincangan sehari hari karena bisa membawa dampak positif dan negative.dampak positif nya kita bisa belajar menggunakan internet,tidak perlu susah susah mencari buku,bisa melakukan pemblajaran dari jarak jauh di manapun dan kapanpun,bisa bertukar kabar dengan teman dan keluarga. Namum sangat di sayangkan saat ini banyak sekali orang orang yang menyalahgunakan social mendia sebagai alat untuk suatu tindakan yang tidak baik seperti penculikan,penghinaan dan lain lain.hal ini di akibatkan karena masih banyak orang yang tidak menerti apa artinya etika
Etika adalah ilmu tentang apa yang baik dan apa yang buruk dan tentang hak dan kewajiban moral (akhlaq); kumpulan asas atau nilai yang berkenaan dengan akhlaq; nilai mengenai nilai benar dan salah, yang dianut suatu golongan atau masyarakat.Hubungan etika dengan mahasiswa sangat erat kaitanya, karena dengan etika mampu mengontrol mahasiswa-mahasiswa sehingga tidak melakukan hal-hal yang mampu merugikan banyak pihak. Contohnya, etika mampu menjadi kontrol ketika mahasiswa berdemostrasi sehingga tidak melakukan anarkis.
Di era globalisasi ini dimana telah banyak terjadi perubahan-perubahan besar, yang akibatkan oleh beberapa hal (secara umum) yaitu perkembangan IPTEK, urbanisasi, dan tuntutan hidup, dimana perubahan tersebut mengarah ke kualitas, pergeseran nilai dan norma, gaya hidup yang semakin hedonistis/hedoniawan, budaya glamour. Sehingga seorang mahasiswa yang beretika mampu berperan dalam dalam pembangunan masyarakat, menjadi filter dari pengaruh buruk di era globalisasi, menjadi alat kontrol dalam melakukan aktivitasnya dan berusaha memperbaiki dan menjaga moral agar kelestarian moral tetap terjaga.
Setiap civitas akademika diharapkan ikut membangun sistem nilai di lingkungan kampus, baik dosen, karyawan dan mahasiswa. Antara etika dengan mahasiswa memiliki hubungan yang sangat erat. Etika sangat berperan penting terhadap diri mahasiswa maupun orang lain, dengan memahami peranan etika mahasiswa dapat bertindak sewajarnya dalam melakukan aktivitasnya sebagai mahasiswa misalnya di saat mahasiswa berdemonstrasi menuntut keadilan etika menjadi sebuah alat kontrol yang dapat menahan mahasiswa agar tidak bertindak anarkis. Dengan etika mahasiswa dapat berperilaku sopan dan santun terhadap siapa pun dan apapun itu. Sebagai seorang mahasiswa yang beretika, mahasiswa harus memahami kebebasan dan tanggung jawab, karena banyak mahasiswa yang apabila sedang berdemonstrasi memaknai kebebasan dengan kebebasan yang tidak bertangung jawab,lalu di media social alangkah baiknya jika mahasiswa tidak melakukan hal hal yang di anggap merugikan orang lain seperti berkata kasar atau melakukan hal yang bisa melukai hati orang lain secara tidak sadar

Mentor:Cindy Fauziah dan Elena Nur Ariyanti
Kordiv mentor:M.Rizky Nugraha
Wakordiv Mentor:Putri Nabila
salah satu staf inti:Rina Muryanti Rifai
PJ mentor:Rahma Anjani Khalid dan Wiedhy Ramadhan