apa yang bisa kita beri kepada NKRI berdasarkan pancasila

Bagi kita warga Negara bangsa Indonesia pasti sudah tidak asing dengan yang namanya Pancasila,Pancasila adalah ideologi dasar dalam kehidupan bagi negara Indonesia. Nama ini terdiri dari dua kata dari Sanskerta: pañca berarti lima dan ??la berarti prinsip atau asas. Pancasila merupakan rumusan dan pedoman kehidupan berbangsa dan bernegara bagi seluruh rakyat Indonesia.

Pancasila di bentuk untuk mengatur kehidupan kita sebagai warga Negara atau bisa di sebut sebagai pedoman yang bisa harus di lakukan oleh warga Negara republik Indonesia.fungsi-fungsi pancasila adalah sebagai Dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia, Pandangan Hidup Bangsa Indonesia, Kepribadian Bangsa Indonesia, Jiwa Bangsa Indonesia, Sumber dari Segala Sumber Hukum, Perjanjian Luhur Bangsa Indonesia, Falsafah Hidup yang Mempersatukan Bangsa, Cita-Cita dan Tujuan Bangsa Indonesia,Ideologi Bangsa Indonesia.
Teks pancasila sebagai rumusan dalam berbangsa dan bernegara ada lima asas, yaitu
1. Ketuhanan Yang Maha Esa
2. Kemanusiaan yang Adil dan Beradab
3. Persatuan Indonesia
4. Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebjaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan
5. Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia
Lalu di dalam pancasila meiliki 5 lambang,kelima lambing ini memiliki artian yang berbeda-beda
Bintang:adalah lambang dari sila pertama.Bintang emas dan dengan perisai hitam melambangkan sila pertama, yaitu Ketuhanan Yang Maha Esa.Bintang emas diartikan sebagai cahaya kerohanian untuk setiap manusia.Sedangkan latar belakang yang berwarna hitam adalah lambang warna alam atau warna asli yang menunjukkan Tuhan sebagai sumber dari segala sesuatu dan telah ada sebelum segala sesuatu ada.
Rantai:adalah makna dari sila kedua yaitu Kemanusiaan yang Adil dan Beradab.Gambar rantai yang disusun menjadi gelang-gelang kecil menandakan hubungan manusia satu sama lain agar saling membantu.Rantai yang ada pada sila kedua ini terdiri dari mata rantai berbentuk segi empat dan lingkaran yang terkait membentuk lingkaran.Mata rantai segi empat itu melambangkan laki-laki dan lingkaran melambangkan sebagai perempuan. menandaka bahwa adil yang beradab tanpa pandang bulu
Pohon beringin:melambangkan sila ketiga, yaitu Persatuan Indonesia.Pohon beringin mempunyai akar tunggal panjang yang dapay menunjang pohon besar ini menjadi tumbuh.Akar ini tumbuh hingga ke dalam tanah dan menggambarkan dari kesatuan dan persatuan Indonesia.Pohon beringin juga mempunyai akar yang menjalar di mana-mana yang melambangkan bahwa sebagai negara kesatuan yang memiliki latar belakang budaya, suku, agama yang bermacam-macam.
Banteng:adalah lambang dari sila keempat.Banteng dipakai karena banteng merupakan hewan sosial yang memiliki kesukaan berkumpul, seperti halnya musyawarah yaitu berdiskusi dan berkumpul.
Padi kapas:melambangkan sila kelima, yaitu Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia.Kapas dan padi melambangkan dari pangan dan sandang yang menjadi kebutuhan pokok semua rakyat Indonesia tanpa melihat status dan kedudukan. dan menjadi sebuah doa agar rakyat indonesia makmur dalam sandang pangan dan papan
Jadi jika kita bisa memahami pancasila maka hal yang harus kita lakukan sebagai warga Negara Indonesia adalah melakukan semuanya dangan baik,contohnya jika di ambil dari sila pertama adalah beribadah sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing,lalu dati sila kedua adalah Saling menghormati satu sama lain.jika dari sila ketiga membayar pajak dan ikut serta dalam pemilu, yang ke empat adalah Ikut serta dalam kegiatan masyarakat seperti kerja bakti dan lain-lain. Dan yang kelima adalah Menaati peraturan.
Dengan melakukan semua itu saya yakin bahwa kita bisa bersatu senagai bangsa dan bisa membawa perdamaian di seluruh wilayah di Indonesia tanpa adanya perpecahan dan permusuhan sesama warga Negara Indonesia.

Mentor:Cindy Fauziah dan Elena Nur Ariyanti
Kordiv mentor:M.Rizky Nugraha
Wakordiv Mentor:Putri Nabila
salah satu staf inti:Rina Muryanti Rifai
PJ mentor:Rahma Anjani Khalid dan Wiedhy Ramadhan