bagaimana menjadi seorang yang mempunyai skill public speaking yang baik

Public speaking saat ini sangat di butuhkan karena kita di tuntut untuk bisa berbicara di depan orang banyak. Masih banyak orang yang tidak bisa/gugup saat berbicara di depan orang banyak hal ini dapat di maklumi karena berbicara di depan orang banyak memang membutuhkan skill dan keberanian.untuk bisa berbicara di depan public kita harus

melatih diri kita mulai dari keberanian,kosa kata sampai dengan ekspresi yang harus kita gunakan di depan orang banyak.agar bisa memiliki skill public speaking kita harus mulai berlatih dan aktif di oragnisasi, Ketika berorganisasi kita akan belajar banyak hal, salah satunya public speaking. Pertama, kita bisa berbicara di depan anggota lain atau junior atau senior yang ada di dalam organisasi. Lama-kelamaan, kita akan makin terlatih dan lebih berani untuk bicara di depan audiens yang lebih banyak.
Selain mengikuti organisasi kita bisa berlatih saat ada di dalam kelas,saat di kelas kita bisa menyampaikan pendapat kepada dosen dan juga bisa ikut aktif saat menyampaikan pendapat atau jawaban lama kelamaan pasti skill dan keberanian kita untuk berbicara di depan umum akan terlatih. Bukan hanya bertanya saja, sebagai seorang mahasiswa kita juga dituntut untuk berani melakukan presentasi. Menjelaskan materi yang sudah dipelajari di depan dosen dan teman-teman kelas.Setiap kali melakukan presentasi, ambil bagian yang paling menonjol. Misalkan sebagai ketua, atau pemateri. Agar nantinya, peluang untuk belajar dan melatih kemampuan komunikasi semakin besar.
Belajar public speaking sebenarnya tidak hanya dilakukan di dalam lingkup formal kampus saja. kita juga bisa belajar di waktu luar dari kegiatan formal misalnya seperti waktu sepulang sekolah, kita bertemu dengan tema-teman kita, kemudian kita saling diskusi disana, maka itu juga termasuk dari kegiatan belajar public speaking.
di dalam dunia kerja saat ini, ilmu public speaking banyak dibutuhkan. Tak peduli pekerjaan kita ada di belakang layar,atau dimana saja. Kemampuan dalam public sepaking pasti dibutuhkan.
Kita ambil contoh saja karyawan, Mungkin kita sering mengira seorang karyawan tidak butuh skill public speaking. Dibaik pekerjaanya yang sering dibelakang layar, sebetulnya dia juga butuh public speaking.Ketika karyawan memiliki kelebihan, katakan saja memiliki kelebihan dalam hal public speaking, maka swaktu-waktu dia bisa diangkat oleh atasanya, untuk menempati posisi yang jauh lebih tinggi dari sebelumnya.
Karena itu mari mulai dari sekarang kita mulai mengembangkan kemampuan dan keberanian kita untuk bisa berbicara di depan orang banyak,jika kita yakin akan kemampuan diri sendiri maka melakukan public speaking bukanlah suatu hal yang harus di kuatirkan.

Mentor:Cindy Fauziah dan Elena Nur Ariyanti
Kordiv mentor:M.Rizky Nugraha
Wakordiv Mentor:Putri Nabila
salah satu staf inti:Rina Muryanti Rifai
PJ mentor:Rahma Anjani Khalid dan Wiedhy Ramadhan